A. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Teknologi Informasi
dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang
mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan
pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar
media.
B. JENIS PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
Peralatan teknologi komunikasi zaman dulu :
1. Papyrus : kertas yang terbuat dari daun tumbuhan papyrys yang digunakan untuk menulis.
2. Bereguh : alat komunikasi yang terbuat dari tanduk kerbau yang digunakan dengan cara ditiup.
3. Kulkul : alat komunikasi yang berbentuk seperti kentongan yang terbuat dari kayu yang berongga yang digunakan dengan cara dipukul.
4. Dan beberapa alat tradisional yang lain.
Peralatan teknologi komunikasi zaman dulu :
1. Papyrus : kertas yang terbuat dari daun tumbuhan papyrys yang digunakan untuk menulis.
2. Bereguh : alat komunikasi yang terbuat dari tanduk kerbau yang digunakan dengan cara ditiup.
3. Kulkul : alat komunikasi yang berbentuk seperti kentongan yang terbuat dari kayu yang berongga yang digunakan dengan cara dipukul.
4. Dan beberapa alat tradisional yang lain.
Peralatan teknologi
informasi dan komunikasi pada zaman modern dibagi menjadi dua : teknologi informasi
dan teknologi kemunikasi.
Contoh teknologi informasi :
- Computer
Contoh teknologi informasi :
- Computer
Contoh teknologi
komunikasi :
- Surat kabar
- Radio
- Telepon
- Televisi
C.
SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Sejarah perkembangan
teknologi komunikasi dibagi menjadi :
1. Periode
Sebelum Masehi
a. Periode sampai 3000 SM
Komunikasi dengan menggunakan gambar di dinding gua yang menceritakan tentang cara berburu, bahasa yang digunakan, dengan dengusan, isyarat, gerakan tangan.
Komunikasi dengan menggunakan gambar di dinding gua yang menceritakan tentang cara berburu, bahasa yang digunakan, dengan dengusan, isyarat, gerakan tangan.
b. Periode 3000 SM
3000 SM Bangsa Sumeria
menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi berupa simbol-simbol (huruf
piktograf).
2900 SM Bangsa Mesir
kuno mengunakan huruf hieroglif sebagai alat komunikasi.
500 SM Bangsa Mesir
kuno mengunakan serat papyrus sebagai kertas untuk menulis sebuah tulisan.
105 SM bangsa cina
menggunakan kertas dari serat bambu.
2. Periode
Setelah Masehi
a. Penemuan telegraf oleh Samuel Finley
Breese Morse 1837.
b.Telepon ditemukan Antonio Meucci 1874,
dikembangkan Alexander Graham Bell 1876.
c. Radio, Guglielmo Marconi 1901
dengan mengirimkan sinyal-sinyal kode telegraf melewati lautan Atlantik dengan
gelombang eletronagmetik.
d.Televisi
ditemukan Paul Nipkow 1883.
e.
Dan beberapa penemuan lain
D.
SEJARAH PENGEMBANGAN KOMPUTER
5000 tahun yang lalu
di Asia ada alat “abacus” digunakan sebagai alat hitung. Tahun 1642
Blaise Pascal menemukan kalkulator roda numerik (Numerical Wheel Calculator)
atau yang dinamakan “Pascaline”, alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh.
Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan operasi penjumlahan. Tahun
1694 Gottfred Wilhem Von Leibniz menemukan alat hitung penjumlahan dan
perkalian. Tahun 1820 kalkulator mekanik “Arithometer” oleh Charles
Xavier Thomas de Colmar, alat ini mampu melakukan operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian dan pembagian.
Pada tahun 1822
Charles Babbage menemukan mesin hitung “difference engine” oleh Charles Babbage,
dan ada beberapa penemuan berikutnya tersebut merupakan cikal bakal komputer.
E.
PERKEMBANGAN KOMPUTER BERDASARKAN GENERASI
1. Generasi pertama (1946-1959)
1. Generasi pertama (1946-1959)
Ciri :
- Menggunakan tabung
hampa pada sirkuitnya
- Program hanya
dibuat dengan bahasa mesin
- Ukuran fisik sangat
besar dan memerlukan tempat luas
- Capat panas, perlu
mesin pendingin
- Proses lambat
- Kapasitas sedikit
- Butuh data listrik
besar
- Aplikasi terbatas
Contoh : ENIAC,
Hardvard Mark II, IBM Selective Electronic Calculator, EDSAC, Hardvard Mark
III, ACE, SEC, UNIVAC
2. Generasi kedua
(1959-1964)
Ciri:
- Menggunakan
trasnsistor pada sirkuitnya
- Ukuran fisik lebih
kecil
- Menggunakan program
bahasa tingkat tinggi : FORTRON, COBOL, ALGOL
- Kapasitas memori
cukup besar
- Mengganuakan
simpanan luar magnetic disk
- Mempunyai kemampuan
realtime dan time sharing
- Proses operasi
lebih cepat
- Membutuhkan daya
lebih kecil
- Aplikasi lebih luas
Contoh: PDP-1, PDP-8,
UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107, Burroghts 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM
1400
3. Generasi
ketiga (1964-1970)
Ciri :
- Menggunakan IC (
Integrated Circuit)
- Peningkatan
software
- Proses pengolahan
data lebih cepat dan akurat
- Mempunyai kapasitas
memory lebih besar
- Menggunakan
penyimpan luar
- Daya listrik lebih
hemat
- Menggunakan multi
processing
- Menggunakan visual
display terminal, mampu menampilkan gambar dan grafik
- Harga murah
- Dapat berkomunikasi
antar komputer
Contoh : IBM s/360,
NOVA, UNIVAC 1108, UNIVA 9000, NCR, GE 600. GE 235, CDC 3000, CDC 6000
4. Generasi
keempat (1979-sekarang)
Ciri :
- Berukuran lebih
kecil
- Harga relative
murah
- Mecul PC (personal
computer)
- Terdapat aplikasi
yang semakin lengkap
- Menggunakan VLSIC
(Very Large Scale Integrated Circuit)
- Menggunakan chip
yang bernama microprocessor
Contoh : mikro altari
MITS, Cray-I, Apple II, Radio Shack, Commodore, Desktop computer Xerox, IBM
PC/XT, IBM PC/AT, Machintosh, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium, AMD KD
36
5. Generasi
kelima
Dalam pengembangan
oleh Negara Jepang
Mengunakan VLSI (Very
Large Scale Interation)
F.
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Contoh penerapan
dibidang :
Perusahaan : ERP
(Enterprise Resource Planning)
Bisnis : E-Commerce
Perbankan : E-Banking
Pendidikan :
E-Learning
Kesehatan : Smart
Card
G.
DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Cybercrime :
kejahantan atau tindakan yang melawan hukum yang dilakukan oleh seseorang
dengan menggunakan sarana computer.
Aktivitas kejahatan
dalam jaringan internet :
Hacking : usaha
memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengekploitasi atau mencari kelemahan
system jaringan
Cracking : usaha
memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencari, mengubah atau
menghacurkan file atau data yang disimpan dalam computer pada suatu jaringan.
H.
MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER
Prosedur yang benar
menghidupkan computer
1. Menyalakan
stabilizer
2. Menyalakan
power pada Chassing / CPU
3. Menyalakan
power pada monitor
4. Menunggu
computer loading system operasi (missal Windows)
5. Tunggu
beberapa saat sampai keluar tampilan desktop di monitor
Prosedur yang benar
mematikan computer
1. Klik
tombol start
2. Pilih
shut down atau turn off
3. Klik
OK
4. Tunggu
beberapa saat sampai computer mati
5. Matikan
tombol off pada monitor dan stabilizer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar