Senin, 17 Februari 2014

MATERI UJIAN PRAKTEK TIK 9 (VII-1)

Haloo, kali ini, saya akan menjelaskan tentang sejarah teknologi, informasi dan komunikasi. oke lagnsung aja yaa!




A. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.
B. JENIS PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Peralatan teknologi komunikasi zaman dulu :
1. Papyrus : kertas yang terbuat dari daun tumbuhan papyrys yang digunakan untuk menulis.
2. Bereguh : alat komunikasi yang terbuat dari tanduk kerbau yang digunakan dengan cara ditiup.
3. Kulkul : alat komunikasi yang berbentuk seperti kentongan yang terbuat dari kayu yang berongga yang digunakan dengan cara dipukul.
4. Dan beberapa alat tradisional yang lain.
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi pada zaman modern dibagi menjadi dua : teknologi informasi dan teknologi kemunikasi.
Contoh teknologi informasi :
-
 Computer
Contoh teknologi komunikasi :
- Surat kabar
- Radio
- Telepon
- Televisi

C. SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Sejarah perkembangan teknologi komunikasi dibagi menjadi :
1. Periode Sebelum Masehi
   a. Periode sampai 3000 SM
Komunikasi dengan menggunakan gambar di dinding gua yang menceritakan tentang cara berburu, bahasa yang digunakan, dengan dengusan, isyarat, gerakan tangan.
   b. Periode 3000 SM
3000 SM Bangsa Sumeria menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi berupa simbol-simbol (huruf piktograf).
2900 SM Bangsa Mesir kuno mengunakan huruf hieroglif sebagai alat komunikasi.
500 SM Bangsa Mesir kuno mengunakan serat papyrus sebagai kertas untuk menulis sebuah tulisan.
105 SM bangsa cina menggunakan kertas dari serat bambu.
2. Periode Setelah Masehi
    a. Penemuan telegraf oleh Samuel Finley Breese Morse 1837.
    b.Telepon ditemukan Antonio Meucci 1874, dikembangkan Alexander Graham Bell 1876.
    c. Radio, Guglielmo Marconi 1901 dengan mengirimkan sinyal-sinyal kode telegraf melewati lautan Atlantik dengan gelombang eletronagmetik.
    d.Televisi ditemukan Paul Nipkow 1883.
e. Dan beberapa penemuan lain
D. SEJARAH PENGEMBANGAN KOMPUTER
5000 tahun yang lalu di Asia ada alat “abacus” digunakan sebagai alat hitung. Tahun 1642 Blaise Pascal menemukan kalkulator roda numerik (Numerical Wheel Calculator) atau yang dinamakan “Pascaline”, alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan operasi penjumlahan. Tahun 1694 Gottfred Wilhem Von Leibniz menemukan alat hitung penjumlahan dan perkalian. Tahun 1820 kalkulator mekanik  “Arithometer” oleh Charles Xavier Thomas de Colmar, alat ini mampu melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
Pada tahun 1822 Charles Babbage menemukan mesin hitung “difference engine” oleh Charles Babbage, dan ada beberapa penemuan berikutnya tersebut merupakan cikal bakal komputer.
E. PERKEMBANGAN KOMPUTER BERDASARKAN GENERASI
1. Generasi pertama (1946-1959)
Ciri :
- Menggunakan tabung hampa pada sirkuitnya
- Program hanya dibuat dengan bahasa mesin
- Ukuran fisik sangat besar dan memerlukan tempat luas
- Capat panas, perlu mesin pendingin
- Proses lambat
- Kapasitas sedikit
- Butuh data listrik besar
- Aplikasi terbatas
Contoh : ENIAC, Hardvard Mark II, IBM Selective Electronic Calculator, EDSAC, Hardvard Mark III, ACE, SEC, UNIVAC
2. Generasi kedua (1959-1964)
Ciri:
- Menggunakan trasnsistor pada sirkuitnya
- Ukuran fisik lebih kecil
- Menggunakan program bahasa tingkat tinggi :  FORTRON, COBOL, ALGOL
- Kapasitas memori cukup besar
- Mengganuakan simpanan luar magnetic disk
- Mempunyai kemampuan realtime dan time sharing
- Proses operasi lebih cepat
- Membutuhkan daya lebih kecil
- Aplikasi lebih luas
Contoh: PDP-1, PDP-8, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107, Burroghts 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400
3. Generasi ketiga (1964-1970)
Ciri :
- Menggunakan IC ( Integrated Circuit)
- Peningkatan software
- Proses pengolahan data lebih cepat dan akurat
- Mempunyai kapasitas memory lebih besar
- Menggunakan penyimpan luar
- Daya listrik lebih hemat
- Menggunakan multi processing
- Menggunakan visual display terminal, mampu menampilkan gambar dan grafik
- Harga murah
- Dapat berkomunikasi antar komputer
Contoh : IBM s/360, NOVA, UNIVAC 1108, UNIVA 9000, NCR, GE 600. GE 235, CDC 3000, CDC 6000
4. Generasi keempat (1979-sekarang)
Ciri :
- Berukuran lebih kecil
- Harga relative murah
- Mecul PC (personal computer)
- Terdapat aplikasi yang semakin lengkap
- Menggunakan VLSIC (Very Large Scale Integrated Circuit)
- Menggunakan chip yang bernama microprocessor
Contoh : mikro altari MITS, Cray-I, Apple II, Radio Shack, Commodore, Desktop computer Xerox, IBM PC/XT, IBM PC/AT, Machintosh, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium, AMD KD 36
5. Generasi kelima
Dalam pengembangan oleh Negara Jepang
Mengunakan VLSI (Very Large Scale Interation)
F. PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Contoh penerapan dibidang :
Perusahaan : ERP (Enterprise Resource Planning)
Bisnis : E-Commerce
Perbankan : E-Banking
Pendidikan : E-Learning
Kesehatan : Smart Card
G. DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Cybercrime : kejahantan atau tindakan yang melawan hukum yang dilakukan oleh seseorang dengan menggunakan sarana computer.
Aktivitas kejahatan dalam jaringan internet :
Hacking : usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengekploitasi atau mencari kelemahan system jaringan
Cracking : usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencari, mengubah atau menghacurkan file atau data yang disimpan dalam computer pada suatu jaringan.
H. MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER
Prosedur yang benar menghidupkan computer
1.      Menyalakan stabilizer
2.      Menyalakan power pada Chassing / CPU
3.      Menyalakan power pada monitor
4.      Menunggu computer loading system operasi (missal Windows)
5.      Tunggu beberapa saat sampai keluar tampilan desktop di monitor
Prosedur yang benar mematikan computer
1.      Klik tombol start
2.      Pilih shut down atau turn off
3.      Klik OK
4.      Tunggu beberapa saat sampai computer mati
5.      Matikan tombol off pada monitor dan stabilizer
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar